اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

أهلا وسهلا


Halaqah Jakarta merupakan blog di bawah kelolaan ahli Halaqah Jakarta yang dianggotai oleh muslimin muslimat Ukrida. Ukrida merupakan salah sebuah universitas yang terletak di Jakarta Barat.

Kami berharap usaha untuk membumikan jiwa-jiwa insan ke arah penerapan Islam yang sebenar-benarnya mengikut acuan Al-Quran dan As-Sunnah akan dipermudah dan diredhaiNya.

Salam Ukhwah! Salam Mujahadah!


Saturday, April 17, 2010

Jangan Mudah Marah

Assalamualaikum wbt

Alhamdulillah, blog ini masih lagi mampu di'update'. Semoga biro-biro yang terlibat terus bersemangat dalam berkongsi ilmu. InsyaAllah. Amin.

Alhamdulillah, 3 April yang lalu, Masjid Jami Assalam telah mengadakan majlis ta'lim Assalam yang bertajuk 'Jangan Mudah Marah' disampaikan oleh Ustaz Athoillah Muslim.


Definisi marah ;

Marah adalah gejolak dalam jiwa yang memiliki hasrat untuk menyerang dan membalas. Selain itu, dikatakan juga bahwa marah adalah darah jantung yang mendidih dan pengaruh gejolaknya terlihat pada anggota tubuh seperti memerahnya wajah, urat yang tegang dan mata yang memerah.

Secara fisiologi nya, ketika kita marah, hormon adrenalin akan dipicu dan berlaku peningkatan hormon adrenalin ke aliran darah. Semakin besarnya tingkat kemarahan akan menjadikan aliran darah semakin deras, semakin bertambahnya denyut jantung hingga bisa melebihi frekuensi normal.

Dari mana datangnya marah?

Rasulullah saw bersabda; "Sesungguhnya syaitan itu berjalan di pembuluh darah anak Adam." [HR Bukhari, Shahih 2308/hlmn 327]

Rasulullah saw bersabda lagi;

"Sesungguhnya marah itu dari syaitan dan sesungguhnya syaitan diciptakan dari api dan sesungguhnya api dapat dipadamkan dengan air, maka jika seseorang dari kalian marah, maka berwudhulah." [HR Abu Dawud, Sunan Abi Dawud 4784, hlmn 678]

Manusia tercipta dari tanah, dan karakter tanah adalah diam dan tenang. Sementara syaitan tercipta dari api, dan karakter api membakar dan berkobar.

Etiologi marah | Hal yang dapat membangkitkan marah ;

* Sombong {merasa orang lain tidak memiliki kualitas sama sekali}
* Ujub atau membanggakan diri
* Senda gurau yang melewati batas
* Perdebatan dan beda pendapat
* Pengkhiatan
* Hasud yaitu mengharapkan hancurnya kenikmatan orang lain

Efek samping marah ;

* Pelaku marah keluar dari koridor akal sehat dan agama, akalnya hilang, dan kehendak positifnya juga hilang bahkan menjadi manusia yang tidak sedarkan diri.
* Perubahan warna kulit
* Gerakan dan omongan yang tidak keruan
* Melahirkan permusuhan dan kebencian di antara manusia
* Banyak memberi kesan pada kesehatan misalnya, pembuluh darah tersumbat, meningkatkan asam lambung, gangguan keseimbangan elektrolit pada ginjal dan jika marah yang menahun (terus menerus) bisa mendapat diabetes kerana bertambahnya hormon adrenalin yang melemahkan kerja insulin.^

Pengobatan Marah ;

Dapat diobati ILMU vs AMAL.

[Ilmu]
- Tafakkur tentang keutamaan menahan marah yaitu juga merupakan akhlaq Rasulullah saw.
- Menakuti diri sendiri akan siksa Allah, 'amankah diri dari 'ghadab Allah' nanti di hari kiamat?
- Ingat asal usul marah dari syaitan dan syaitan secara jelasnya adalah musuh anak Adam.
"Sungguh. syaitan itu musuh bagimu, maka perlakukanlah ia sebagai musuh, karena sesungguhnya syaitan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala. [QS 35;6]

[Amal]
- Baca ta'awwudz
- Rasulullah saw bersabda; "Jika salah seorang dari kamu marah, sedang dia dalam keadaan berdiri,duduklah, maka marah akan pergi darinya, jika belum juga maka berbaringlah. [HR Abu Dawud, Sunan Abu Dawud 4782, hlmn 678]
- Wudhu, apabila wudhu belum meredhakan maka mandilah yang akan menjadi basuhan yang lebih baik.
-Bersujud

Rasulullah saw bersabda; "Ketahuilah bahwa marah itu bara api di hati manusia, tidaklah kalian melihat marahnya kedua matanya dan tegangnya urat nadi di lehernya. Barangsiapa merasakan hal itu, maka mendekatlah ke bumi (bersujud). [HR At-Tarmidzi, Jami At-Tarmidzi 2191, hlmn 504]
4 ciri manusia tentang marah;

♥ Mudah marah tapi mudah reda
♥ Sulit marah tapi sulit pula redanya
♥ Sulit untuk marah tapi mudah redanya ^^v >>ini yang terbaik
♥ Mudah marah tapi sulit redanya

Nota Kaki

^ Insulin adalah suatu hormon yang mana fungsinya menukarkan glukosa kepada glikogen. Jika insulin menurun, kadar glukosa tinggi dalam darah akibat gangguan penukaran kepada glikogen. Kadar glukosa darah yang tinggi adalah salah satu penyebab diabetes.

Sumber; Pengisian Ta'lim dan Buku 'La Taghdab' dari Prof. Dr. Falih Muhammad

Alhamdulillah. Semoga kita dapat manfaat dari ta'lim assalam ini. Moga masjid-masjid sekitar akan terus menerus menganjurkan majlis seperti ini. Dan juga makin bertambah partisipasi dari mahasiswa Ukrida. Amin. InsyaAllah.

Fastabiqul khairat.

Wassalam.

0 comments:

Post a Comment